Ups...Hampir Saja Tertipu Lowongan Kerja


tertipu lowongan kerja
Sedang senang-senangnya mencari nafkah sebagai driver karena orderan dipagi hari kota Palembang lumayan lancar. Menjelang siang hari tiba-tiba hp saya ada nada dering notofikasi sms masuk, namun saya biarkan dulu karena masih dalam perjalanan, tau sendiri kan sangat berbahaya ketika menggunakan hp ketika mengendalikan mobil sudah banyak tanda peringatan tidak boleh menggunakan hp ketika mengemudi apalagi ada penumpang saya.  Setelah tiba ditempat tujuan, mengantar penumpang, mobil saya pinggirkan ketempat yang lebih aman. Ketika saya buka notif sms ternyata informasinya adalah saya menjadi kandidat terpilih untuk mengikuti tes kerja dari salah satu perusahaan. Dan secara lengkap dokumen lengkap sudah dikirim ke alamat email saya.

Sms tersebut langsung saya jawab untuk bersedia mengikuti proses seleksi. Proses pemanggilan kerja ini tentu membuat saya senang, tau sendiri kan susahnya mendapatkan pekerjaan yang layak dan mapan saat ini. Apalagi jargon sekian juta lapangan kerja bla..bla..bla.., bikin perut jadi mual. Saya cek dan memastikan dulu jangan sampai saya tertipu lowongan kerja palsu. Kemudian saya cek langsung dokumen pada email saya melalui hp android, walau saya tidak nyaman membaca dokumen pada hp android karena hurufnya yang kecil dan tidak leluasa. Tapi karena pentingnya infomasi kerja tersebut saya buka email dan baca juga. Senang tentu saja karena menjadi kandidat terpilih.

Dari beberapa persayaratan yang harus saya penuhi ada beberapa kejanggalan langsung terpikir oleh saya. Seperti sempitnya waktu, dokumen yang harus segera disiapkan, dan tentu saja proses seleksi berada di Jakarta dimana akomodasi dan transportasi menjadi tanggungan kandidat dan akan diganti ketika tiba di perusahaan tersebut..modus ni yee. Namun untuk menyakinkan, saya kontaklah personnya, baik yang memanggil kerja / hr via sms maupun yang kontak yang melakukan proses pemberangkatan, dan hasilnya tidak ada satupun telpon dari saya kepada mereka diterima/diangkat walau nada dering telpon ada. Namun herannya sms dari saya mendapat balasan/reply.

BACA JUGA Inilah Tempat Wisata Ramai Yang Ada Di Palembang

Untuk menyakinkan proses recruitmen ini penipuan atau bukan, saya cek langsung ke perusahaan yang tertera pada dokumen. Syukur telpon perusahaan tersebut ada yang menerima dan konfirmasi tidak ada proses seleksi karyawan dan juga menambahkan sudah ada beberapa orang yang menelpon ke pihak perusahaan tentang kasus yang sama, dan meminta untuk diabaikan karena merupakan penipuan.

Dan aha...sebagai informasi tambahan saya juga browsing tentang modus penipuan lowongan kerja ini di internet untuk lebih menyakinkan. Sebagai informasi saya juga pernah mendapat proses seleksi kerja ini juga melalui sms dan validitasnya tepat karena informasinya lengkap. Juga beberapa kali saya mendapat penggilan proses seleksi langsung di kontak via telpon.

Ada beberapa yang bisa disimpulkan bila anda tidak ingin tertipu lowangan kerja dari kejadian yang saya alami:
  1. Jangan langsung tergiur dengan pemanggilan proses kerja, lakukan terlebih dahulu validasi
  2. Ingat-ingat apakah anda pernah mengirim surat lamaran kerja perusahaan yang dituju, perusahaan a tapi malah perusahaan xyz yang memanggil, hati-hati...
  3. No telpon pada surat lamaran harus aktif dan sesuai, biasanya perusahaan akan merekrut melalui telpon, bila mereka butuh segera akan langsung negoisasi kerja
  4. Tidak ada proses biaya untuk seleks kerja, bila ada abaikan saja, kemungkinan besar penipuan.
  5. Bisa anda tambahkan bila ada pengalaman lain, akan saya posting disini.


Semoga bermanfaat.

Read More:

Komentar

Halo mangcek bicek sePalembang anget, terima kasih menjadi pengunjung setia blog ini dan jangan lupa kunjungi terus untuk mendapat informasi terbaru.

Related posts

Travel Kayu Agung Palembang Mobilnya Keren-Keren

Mobil Penumpang Ratu Intan Travel Palembang

Daftar Travel Agent Palembang Semoga Bisa Membantu

Lirik Lagu Aisyah Istri Rasulullah, Lagi Viral