AC Mobil Tidak Dingin Apa Penyebabnya


AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin Apa Penyebabnya
AC mobil tidak dingin hanya keluar angin apa penyebabnya

Hmm panaass..hampir dua minggu ini air conditioner (ac)  mobil ketika dijalankan hanya mengeluarkan angin saja, tidak ada rasa dinginnya. Berarti ada masalah dengan ac mobil, perkiraan saya, freon ac berubah/berkurang (walau dari beberapa informasi yang saya baca freon tidak bisa berkurang kecuali ada kebocoran dan penyebab lain). Sekitar satu tahun lebih dari pengisian freon sebelumnya ketika ac mobil tidak dingin lagi setelah saya alami, dan tentu membuat perjalanan Palembang travel menjadi tidak nyaman.

Tanda-tanda ada masalah dengan kondisi ac mobil tidak dingin ini dari udara yang keluar hanya angin saja seperti kipas angin, namun ada indikasi lain ketika menjelang ac mobil tidak dingin adalah keluar bau harum dengan tajam membuat saya hampir mual dan angin berhembus sejuk namun tidak dingin. Beberapa hari bau harum ini masih tercium dan kemudian hilang sama sekali.

Dari informasi teknisi tidak ada kebocoran, tidak ada masalah karet-karet pada instalasi pipa ac, radiator bagus, kompresor tidak ada masalah. Was-was karena beberapa faktor yang bisa menyebabkan masalah pada komponen diatas, karena mobil yang saya gunakan berumur lebih dari tujuh tahun. Kalau tidak diperbaiki secara tepat akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, apalagi kalau dikerjai/dikibuli oleh teknisi yang tidak bertanggungjawab. 

Mengenai dikibibuli ini pernah dialami  keluarga saya yang memiliki masalah ac mobil tidak dingin, bongkar sana bongkar sini tapi hasilnya ac mobilnya tetap panas, ujung-ujungnya mobil tersebut akhirnya mereka jual.

Kalau diperhatikan tidak perlu kemampaun khusus untuk mempertahakan ac mobil tetap dingin, kecuali pengisian freon ac, pengerjaan khusus perpipaan dan penggantian komponen yang memerlukan peralatan. Pekerjaan yang bisa dilakukan sendiri oleh pemilik seperti membersihkan filter ac agar udara bersih bisa dihasilkan, dimana filter ac ini kotor berdebu jadi bisa anda bersihkan sendiri. Kemudian kipas ac bisa anda juga bersihkan letaknya dibawah filter ac, kipas ac ini kalau kotor biasanya perputaran tidak segesit kalau bersih untuk mengalirkan udara ac. Dan jangan lupa semprot sirip angin pada radiator mobil dengan air, hidupkan mesin mobil, siram secukupnya untuk membersihkan kotoran seperti debu pada sirip-sirip radiator tersebut. Dan bersyukur penyebab ac mobil saya hanya pada freon dan setelah diisi kembali tokcer, bukan pada masalah-masalah lain.

Catatan kondisi mobil dan masalah ac mobil bisa berbeda, tetap konsultasikan kepada ahli ac mobil yang bertanggungjawab.

Semoga bermanfaat.

Read More:

Komentar

Halo mangcek bicek sePalembang anget, terima kasih menjadi pengunjung setia blog ini dan jangan lupa kunjungi terus untuk mendapat informasi terbaru.

Related posts

Mobil Penumpang Ratu Intan Travel Palembang

Travel Kayu Agung Palembang Mobilnya Keren-Keren

Detik-Detik Asian Games 2018 Palembang